Jumat, 07 September 2012

WSBK : Regulasi “FIM STOCK” 1000 & 600 … Seperti apa sih ?

FIM Stock 1000 – Balapan motor “standar” dengan modifikasi terbatas
Regulasi FIM Superbike Stock 1000 itu serupa dengan FIM Superbike Stock 600. Dimana regulasi motor dibuat sedemikian rupa agar semirip mungkin dengan motor jalan raya. Modifikasi dibiarkan begitu minimal agar biaya oprasional pembalap menjadi murah dan terjangkau. Boleh dibilang modifikasi dikelas “Stock” ini justru menyiratkan potensi motor yang sesungguhnya.
Tambahan (*) artinya perubahan / penggantian / modifikasi – Diizinkan / Diharuskan dilakukan di kelas World Superbike / World Supersport. (**) artinya perubahan tersebut Dilarang dilakukan baik di kelas Stock ataupun Superbike
Modifikasi yang wajib dilakukan : (*)
  • Fairing Balap : regulasi ini mengharuskan peserta melepas fairing standar menjadi fairing balap
  • Melepas Indikator : Lampu dan kaca spion wajib dilepas. Termasuk juga lampu sein
  • Melepas part yang berbahaya : Spakbor dan standar termasuk
Modifikasi yang “boleh” dilakukan : (*)
  • Memasang knalpot Racing
  • Pemasangan Footpeg (rearset balap)
  • Penggantian Brakepad dan Disc brake
  • Penggantian windscreen
  • Penggantian rante
  • Penggantian internal fork depan (fully adjustable)
  • Penggantian suspensi belakang
Modifikasi Yang “Tidak” boleh dilakukan (*)
  • Penggantian “wiring” motor
  • Penggantian ECU motor selain yang dijual bebas
  • Perubahan Swing arm
  • Perubahan Subframe (**)
  • Perubahan Desain Frame (**)
  • Penggantian sistem Fork depan keseluruhan
  • Penggantian sistem rem keseluruhan
  • Perubahan pada kopling
  • Perubahan pada Gearbox
  • Penggantian pada Velg / rims
  • Perubahan desain fairing dan seat cowl(**)
  • Jatah 1 musim adalah 3 set
Siapakah Tim Superbike – Supersport (STOCK) yang paling sukses ?
Sejak kejuaraan bergulir tahun 1999 dan tahun 2005 klasemen konstruktor diberlakukan tercatat 6 Pembalap berhasil menjadi juara dunia Fim Stock 1000 bersama Suzuki Gixer, 4 pembalap menggunakan Ducati , 2 menggunakan Yamaha dan masing masin 1 pembalap menggunakan Honda dan BMW. Sementara untuk kategori konstruktor Ducati berhasil memenangkan 3 kali, Yamaha 2 kali dan BMW – Suzuki masing masing 1 kali
untuk kategori Stock supersport klasemen konstruktor ditiadakan, namun pembalap yang menggunakan Honda setidaknya berhasil menjadi juara sebanyak 8 kali sementara Yamaha 3 kali dan Suzuki – Kawasaki berbagi 1 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar